Welcome to My Blog!

Created By Bagus KusumajayaSebagai anak bangsa yang cerdas, hendaknya kita harus selalu tetap semangat di dalam setiap situasi, terus belajar dan belajar, demi mengejar cita cita, oleh karena itu haruslah kita memotivasi diri kita sendiri, agar alasan kita untuk mendapatkan kesuksesan itu menjadi kuat, sehingga lingkunganpun ikut mendukung cita cita kita, jauhkan diri dari sifat malas yang amat merugikan, pikirkan masa depan, dan lakukan hal hal yang terbaik setiap waktu. InsyaAllah semua cita cita serta hasrat akan tercapai dengan mudah
Follow Me

Program Pertama - Hello World dalam Pemrograman Bahasa C



By  Bagus     4:29:00 PM    Label: 
Setelah mendownload dan menginstall Code::Blocks, sekarang saatnya kita menggunakannya.

1. Buka Code::Blocks


2. Pilih Console Application, lalu click Go

3. Pilih Bahasa yang digunakan, tentu saja C (bukan C++), lalu klik Next

4. Tentukan Tempat menyimpan Project program tersebut, lalu Next
NB: -Project title adalah Nama untuk Folder dari Project kita, karna saat kita membuat project otomatis akan dibuat Folder baru.

5. Setting Compiler, biarkan saja seperti itu, lalu klik Finish

6. Perhatikan bagian kiri Code::Blocks, disana ada list Project yang anda tadi.
    >Double Click pada main, maka file main.c akan terbuka.
    >Code::Blocks otomatis membuat program yang menampilkan Hello World!  
    >Tekan F9 pada keyboard untuk Build& Run code.


Penjelasan Singkat Code dari Hello World!

Code:
#include <stdio.h>

int main()
{
    printf("Hello world!\n");
    return 0;
}

1. Header/ Preprocessor

#include merupakan pengarah preprocessor yang digunakan untuk membaca file yang dinamakan file judul (header file). stdio.h, windows.h, math.h, string.h, dll. merupakan file header yang merupakan standard library dari C. Setiap file header berhubungan dengan perintah masukan (input), perintah keluaran (output), dan fungsi-fungsi yang digunakan dalam suatu program.
Contoh Header Standar: Header Reference
Pilih <cstdio> (stdio.h)
disana kalian bisa lihat, apa saja isi dari header tersebut.
Seperti: printf, scanf, fprintf, fscanf, gets, puts, dan banyak lagi.

2. int main()
main() merupakan suatu fungsi utama dari program, dimana segala sesuatu didalam main akan dijalankan, kecuali Comment(Komentar). *Komentar akan dibahas dalam materi yang lain.

3. printf()
printf() merupakan salah satu fungsi dari header stdio.h, dimana berfungsi untuk mengeluarkan/ menampilkan output kelayar.
printf akan menampilkan segala sesuatu yang ada didalam tanda kutip (string).

4. Titik koma   >>>> ;
Setiap baris kode harus diakhiri dengan titik koma, ini digunakan saat kita mengakhiri perintah.
Contoh:
int a = 5;

printf("Hai Sayang");
scanf("%f", &komakoma);
int b = 1 + 2;
dll. Tetapi ada saat dimana kita tidak perlu menggunakan titik koma di akhir baris kode, misal di pengkondisian, pengulangan, dll. Akan dibaha lebih lanjut di materi tersebut.

5. \n ?
\n merupakan salah satu Escape Sequences, kode yang memiliki makna spesial

\n = new line. Digunakan untuk membuat baris baru.
akan dibahas di artikel lainnya mengenai Escape Sequences.

6. return 0;
Intruksi return menyebabkan fungsi main() berakhir dan mengembalikan kode yang
mengikuti instruksi tersebut, dalam kasus ini 0 . Ini merupakan cara yang paling sering digunakan untuk mengakhiri program.
Secara teori, fungsi harus mengembalikan nilai.
Dan untuk semua fungsi, default nilai yang dikembalikan ke pemanggilnya adalah integer bernilai 0. Nilai ini kemudian secara umum digunakan oleh C untuk menyampaikan kepada pemanggil fungsi bahwa fungsi telah selesai tanpa masalah.

Pemanggilnya siapa?
Kalo agan menjalankan program, maka sebenarnya proses yang terjadi di dalam komputer adalah agan menyuruh OS memanggil fungsi yang dimiliki oleh OS tersebut, yang pada gilirannya bertugas memuat program ke memori lalu memanggil fungsi di dalam program tersebut. Dalam C, fungsi yang pertama dipanggil dalam sebuah program selalu bernama main(). Fungsi ini ketika selesai dijalankan, harus mengembalikan nilai integer.
main() biasanya mengembalikan nilai 0 kalo fungsi selesai dengan normal, atau nilai lain kalo programmer-nya butuh nilai lain.
Terima Kasih.

About Bagus

Blog ini berisi tentang semua apa yang ingin anda cari, yang isinya mulai dari permainan, video, informasi, programming, web dan masih banyak lagi. Semoga teman-teman semua suka dengan isi dari blog ini

No comments:

Post a Comment


Contact Form

Name

Email *

Message *

Translate

logo

Blog ini berisi tentang semua apa yang ingin anda cari, yang isinya mulai dari permainan, video, informasi, programming, web dan masih banyak lagi.

Jika blog ini masih banyak kesalahan dan kekurangan, silahkan kasih saran anda dan akan saya perbaiki semaksimal mungkin. Terima Kasih atas perhatiannya.